Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About

Nexian NX-G900 Sebagai Modem GPRS di Ubuntu 9.04





HP Nexian NX-G900 ternyata cukup ramah digunakan dalam system operasi berbasis linux seperti Ubuntu 9.04 Code Name Jaunty Jacklope. Nexian NX G900 memang bisa digunakan baik sebagai modem GPRS, Data Storage sampai USB Webcam dan dengan mudah dikenali oleh Ubuntu 9.04.

Saat USB dikonekan layar hp langsung memunculkan pertanyaan :

  1. Apakah akan digunakan sebagai Storage
  2. Apakah akan digunakan sebagai USB Webcam
  3. Apakah akan digunakan sebagai COM ( yang artinya modem )
Untuk penggunaan sebagai Storage system akan mengenali nya sebagai removeable device ( dianggap sebagai usb biasa ) dan akan membuka Nautilus di Phone dan Memory. Sementara jika kita memilihnya sebagai USB webcam secara otomatis Ubuntu 9.04 akan mengenalinya sebagai /dev/video0 dan bisa kita gunakan untuk Skype. Sedangkan jika kita ingin menggunakannya sebagai Modem kita tingal melakukan setting pada /etc/wvdial.conf dengan parameter sbb :

[Dialer Defaults]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 460800
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttyACM0
ISDN = 0
Phone = *99#
Password = xlgprs
Username = proxl

konfigurasi ini bisa kita lakukan dengan memberikan perintah "$sudo wvdialconf" dan secara otomatis wvdialconf akan membuatkan konfigurasi tersebut untuk kita, selanjutkan kita cuma memerlukan perubahan konfigurasi pada Phone, Password dan Username saja.

Untuk yang biasa menggunakan GUI bisa menggunakan Gnome-PPP untuk melakukan konfigurasi koneksi dengan HP Nexian NX-G900

0 comments:

Posting Komentar