Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About

Pada Ubuntu 8.10 ( Interpid Ibex ) dan yang terakhir Ubuntu 9.04( Jaunty Jacklope ) ada kendala dalam penyimpanan account yang telah kita buat tidak bisa disimpan permanen oleh Pidgin, artinya jika kita telah memasukan Account yang kita miliki dalam setting Pidgin, Account tersebut tidak terseimpan secara permanen. Jadi pada saat kita menutup ( Quit ) Pidgin dan kemudian membukanya kembali kita diharuskan memasukan Account lagi. Memang bukan masalah yang sangat rawan baik dilevel securiti maupun kestabilan sistem secara umum, namun sering juga membuat kita dongkol saat diburu oleh waktu untuk melakukan chat.

Kegagalan penyimpanan Account dalam Ubuntu 8.10 dan Ubuntu 9.04 dikarenakan direktori konfigurasi pidin yang terletak di $HOME/.purple dimiliki oleh user level root, sehingga ketika kita sebagai user biasa melaukan penyimpanan Account, maka Account tersebut tidak akan disimpan oleh Pidgin dikarena hak akses yang tidak mencukupi. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa melakukan perubah dengan memberikan kepemilikan foler $HOME/.purple pada level user yang menggunakannya. Misal : "$sudo chown -R hobong:hobong /home/hobong/.purple" dengan memberikan perintah tersebut maka kita akan bisa menyimpan Account yang telah kita masukan dan tersimpan secara permanen dalam user account kita.

Kendala lain adalah Pidin susah melakukan koneksi ke Server Chat yahoo, maka yang perlu kita lakukan adalah memberikan menambahkan resolv host chat yahoo pada file "/etc/hosts". Pastikan isi file "/etc/hosts" seperti yang dibawah, utamanya pada baris "66.163.181.184 scs.msg.yahoo.com"
## file /etc/hosts
127.0.0.1 localhost

66.163.181.184 scs.msg.yahoo.com

# The following lines are desirable for IPv6 capable hosts
::1 localhost ip6-localhost ip6-loopback
fe00::0 ip6-localnet
ff00::0 ip6-mcastprefix
ff02::1 ip6-allnodes
ff02::2 ip6-allrouters
ff02::3 ip6-allhosts

Pindin juga telah terintegrasi dengan Chat Facebook. Kita tinggal menambahkan plugin yang dibutuhkan untuk Facebook yang dapat di download pada http://code.google.com/p/pidgin-facebookchat/ dan melakukan instalasi langsung dengan double klil pada file yang kita donwload ( untuk distribusi debian, ubuntu ). Sedangkan untuk distribusi lainnya instalasi dilakukan bisa menggunakan source file atau sesuai dengan distribusi yang digunakan.


Happy Chat Bro ...!!

0 comments:

Posting Komentar