Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About

PCMCI Vodafone E620 di Ubuntu 8.04 Hardy Heron

Kebutuhan penggunaan internet tidak bisa lagi ditunda .... seperti hujan yang sering berpindah tempat dan membutuhkan matahari ... ( apa hubungannya ya ? ). "Udah beli aja modem yang 3g yang murah asal mencukupi untuk akses email dan remote server ..." begitu bisik hati kepada saya. Akhir nya sebelum pergi aku menyempatkan membeli Vodafone E620 + Paket IndosatM2 Broom ( jadi inget yang di Mediatama :) )

Setelah baca manual dan cari informasi di inernet, langsung aja aku pasang di ubuntu 8.04 HH. Meskipun dalam CD nya cuma tertulis Driver for Windows V7/v9 dan Max OS X, bagi penguna Linux jangan khawatir, karena Vodafone termasuk salah satu produsen yang aktif mengembangkan dukungan driver untuk Linux. Download Driver dan aplikasi di Vodafone di Vodafone Website. Selesai download langsung install driver di Linux dan lakukan konfigurasi dengan Gnome PPP.

Sebenarnya Driver yang di Download juga telah menyediakan aplikasi manage untuk koneksi internet, cuma saya prefer menggunakan Gnome PPP sebagai interface untuk koneksi. Berikut setting wvdial yang saya gunakan :

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
ISDN = off
Modem Type = USB Modem
Baud = 460800
Init = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Phone = *99#
Dial Attempts = 1
Dial Command = ATM1L3DT
Ask Password = off
Password = masukanpassword anda
Username = UserNameAnda
Auto Reconnect = off
Abort on Busy = off
Carrier Check = on
Check Def Route = on
Abort on No Dialtone = on
Stupid Mode = on
Idle Seconds = 0
Auto DNS = on

Setting .wvdial ini dapat di temukan di home direktori anda, contoh ditempat saya adalah ( /home/hobong/.wvdial.conf ). Setelah itu saya coba koneksi dan melakukan test speed koneksi yang hasilnya cukup lumayan di kawasan GPRS dengan hasil :


Lumayanlah .... untuk akses email dan remote server :) . Tentunya kecepatan akan lebih bagus didaerah yang mendukung koneksi 3g/HSPDA.

0 comments:

Posting Komentar